Home » » My New Drybox

My New Drybox

Pertama kali saya mempunyai kamera DSLR, saya masih bingung tentang bagaimana melakukan perawatan yang seharusnya dilakukan pada sebuah kamera. Pada awalnya saya hanya membersihkan bodi kamera bagian luar dan juga membersihkan filter bagian depan lensa. Tapi ketika kesibukan sehari-hari sudah menyita waktu, maka perawatan rutinpun terabaikan, dan juga penggunaan kamera sudah jarang digunakan, pada awalnya kamera DSLR hanya saya taruh pada tasnya saja, tapi ketika ada seorang teman yang membicarakan bahwa penempatan kamera yang tidak benar bisa membuat kamera itu berjamur atau malahan menjadi rusak. Saya disarankan teman untuk membeli drybox, tapi karena harga drybox yang cukup mahal saya beriniaiatif untuk membuat drybox sendiri, setelah bertanya kepada para ahli dan teman-teman akhirnya drybox dapat saya buat sendiri. Apabila teman-teman ingin membuat drybox sendiri, berikut ini ada bahan-bahan dan cara-cara membuatnya
Siapkan:
1.     Box, boleh apa saja asal dapat tertutup rapat agar debu dari luar tidak masuk kedalam box, ukuran disesuaikan dengan banyaknya peralatan kamera yang akan di simpan
2.     Kain kasa atau bisa juga menggunakan spon
3.     Silicagell, apabila tidak ada bisa diganti dengan arang yang kering dan tidak berdebu (dimasukkan kedalam kotak tersendiri agar arang tidak tercecer kemana-mana)
4.     Hygrometer untuk mengukur tingkat kelembapan (peralatan tidak wajib)

Cara membuat:
1.     Siapkan Box sesuai ukuran
2.     Masukkan kain kasa atau spon sebagai alas
3.     Letakkan silicagell atau arang di tempat yang diinginkan
4.     Tata dengan rapi peralatan kamera di dalam box
5.     Masukkan hygrometer sebagai pengukur tingkat kelembapan, apabila tidaka ada juga tidak apa-apa
6.     Tutup dengan rapat drybox agar debu tidak masuk kedalam
Meskipun kamera sudah ditempatkan pada drybox, perawatan rutis masih tetap harus dilakukan untuk menjaga kamera tetap awet, salam fotografi ^_^


0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | http://nynyo.blogspot.com | Your Link
Copyright © 2013. Fian_grafity - All Rights Reserved