Home » » Teman Curhat

Teman Curhat


Menjadi Pendengar yang Baik?

Teman-teman biasanya juga pernahkan diajak curhat ataupun bergosip dengan sahabat ataupun anggota geng lain. Nah dalam artikel ini saya akan membahas sedikit tentang bagaimana cara menjadi seorang pendengar yang baik dan juga pendengar yang budiman :D. Pada dasarnya mendengar tidak sama dengan menyimak. Mendengar mengacu pada mengindera pesan yang diucapkan dari sumbernya, jadi baik tidaknya kita sebagai seorang pendengar itu tergantung dari umpan balik yang kita lontarkan kembali kepada si pembicara atu si informan. Proses mendengarkan dapat dikatakan baik apabila pesan yang dimaksud oleh pembicara sampai pada penyimak. Di sekolah, di tempat kerja, dan dirumah, proses mendengar yang jelek menyebabkan putusnya komunikasi dan menyebabkan terjadinya berbagai masalah.

Tahap-Tahap Mendengarkan yang Baik!

Menurut artikel yang pernah saya baca mendengarkan sendiri terdiri dari empat tingkat, yaitu: mengindera, menginterpretasi, mengevaluasi, dan bereaksi. Tingkatan ini berupa penyampaian pesan dari pembicara ke pendengar dan kembali lagi ke pembicara

a. Pada tahap mengindera (biasanya disebut mendengar), telinga menerima gelombang suara dan menyampaikannya ke otak. Contohnya, teman-teman yang duduk bergerombol di kelas dan mendengar cerita ataupun gosip.


b. Pada tahap interpretasi, pendengar berusaha memahami maksud pesan yang diterima. Proses ini termasuk memahami pada yang baru saja dikatakan oleh si pembicara atau si informan dan menghubungkannya dengan apa yang telah teman-teman ketahui. Teman-teman menghubungkan perkataan tadi dengan pengetahuan yang dimiliki.

c. Pada tahap evaluasi, teman-teman memutuskan bagaimana perasaan teman-teman terhadap pesan tadi, apakah, misalnya, setuju dengan apa yang dikatakan oleh si pembicara atau si informan tadi, atau tidak. Yang termasuk ke dalam proses ini adalah evaluasi mengenai kesesuaian pesan dengan kebutuhan dan harga diri. Jika pesan itu bertentangan dengan harga diri atau tidak memenuhi kebutuhan kita, teman-teman dapat menolaknya, atau berhenti mendengarkan. 

d. Pada tahap akhir mendengar, terjadi reaksi terhadap pesan dalam bentuk umpan balik secara langsung. Umpan balik secara langsung dapat terjadi dalam bentuk pertanyaan dan komentar.



Posted by Picasa

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | http://nynyo.blogspot.com | Your Link
Copyright © 2013. Fian_grafity - All Rights Reserved