Home » » Pemula Fotografi

Pemula Fotografi


Tips menggunakan kamaera DSLR untuk pemula:
1.     Mode M (Manual) biasanya digunakan pada saat memotret di dalam studio atau di dalam sebuah ruangan dengan menggunakan lighting studio sebagai sumber cahayanya, pemotretan fashion show, dan pada pencahayaan yang sulit.
2.     Mode AV (Aperture Priority) sangat cocok digunakan untuk memotret landscape (pemandangan), model dan liputan.
3.     Mode TV (Shutter Priority) pada dasarnya digunakan untuk memotret objek yang mengutamakan kecepatan. slow speed (kecepatan lambat) contohnya untuk membuat foto air mengalir atau air terjun nampak seperti sebuah kapas. fast speed (kecepatan tinggi) contohnya untuk memotret olahraga, baik balap mobil atau pertandingan sepak bola.
4.     Mode P (Program) biasanya digaunakan pada saat cahaya cukup baik atau pada saat kita mau memotret praktis. Hanya saja menggunakan mode P tidak cocok untuk memotret di dalam ruangan yang menggunakan lighting flash.
5.     Tiap-tiap mode pemotretan yang sudah saya sebutkan di atas tidak baku, karena sangat mungkin kita memotret model dengan menggunakan mode M atau P. begitu pula sebaliknya. Hanya saja disarankan untuk pemotretan model di dalam ruangan yang menggunakan lighting flash dikhususkan untuk menggunakan mode M.
6.     Menggunakan ISO pada keadaan gelap sebaiknya tidak lebih dari 800, karena akan menghasilkan gambar yang berbintik-bintik, kecuali jika anda memang menginginkannya.
7.     Tidak dianjurkan menggunakan flash built in pada siang hari dan pada keadaan terang menderang.
8.     Bersihkan lensa sebelum memulai pemotretan agar hasil yang dicapai lebih maksimal.
9.     Dilarang menyimpan kamera di dalam ruangan ber AC atau yang memiliki tingkat kelembapan tinggi, karena akan mengakibatkan timbulnya jamur .
10.              Sangat tidak dianjurkan untuk membuka lensa di luar ruangan, atau di tempat berdebu dan dilaut. Kenapa? karena sensor dan perangkat di dalam kamera DSLR sangatlah sensitif, maka apabila ada debu yang masuk, atau uap garam dari laut misalnya. Maka perangakat bagian dalam kamera akan kotor, berjamur, atau bahkan mengalami korosi.

Daftar pustaka :
Paulus Edison dan Laely Indah Lestari.2011.”buku saku fotografi”.Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Posted by Picasa

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | http://nynyo.blogspot.com | Your Link
Copyright © 2013. Fian_grafity - All Rights Reserved